URGENSI
MEMAHAMI SINTAKSIS (MUFRODAT) DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN DAN HADITS
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam mempelajari
Al-Qur’an dan Hadits, kita harus mengerti bahasa al-Quran itu sendiri, mengerti
akan makna dari tiap katanya guna benar-benar mendalaminya. Jadi,penting buat
kita belajar bahasa arab yang merupakan bahasa Al-Qur’an itu sendiri. Belajar
Bahasa Arab merupakan hal penting untuk memahami Al-Qur’an dan hadist. Bahasa
Arab merupakan salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari oleh masyarakat
Indonesia. Oleh karena itu perlu dikaji adanya pembelajaran bahasa yang tepat
bagi orang-orang yang non-Arab. Pembelajaran bahasa asing termasuk dalam hal
ini bahasa Arab bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode. Salahsatu hal
yang perlu dipelajari dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kosakata
(mufradat). Seperti halnya qawa’id, kosakata (mufradat) adalah merupakan sarana
atau media untuk belajar bahasa Arab, bukan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu
sendiri. namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa kosakata itu sangat
penting dalam pembelajaran bahasa asing termasuk Bahasa Arab. Adapun hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran kosakata adalah tujuan pembelajaran
kosakata, prinsip-prinsip pembelajaran kosakata, dan teknik pembelajaran
kosakata.
B.
TUJUAN
Tujuan umum pembelajaran
kosakata (mufrodat)bahasa Arab adalah sebagai berikut:
·
Memperkenalkan kosakata baru kepada siswa atau mahasiswa, baik melalui
bahan bacaan maupun fahm al- Musmu’.
·
Melatih siswa atau mahasiswa untuk dapat melafalkan kosakata itu dengan
baik dan benar karena pelafalan yang baik dan benmar mengantarkan kepada
kemahiran berbicara dan membaca secara baik dan benar pula.
·
Memahami makna kosakata, baik secara denotasi atau leksikal (berdiri
sendiri) maupun ketika digunakan dalam konteks kalimat tertentu (makna
konotatif dan gramatikal)
·
Mampu mengapresiasi dan memfungsikan mufradat itu dalam berekspresi lisan
(berbicara/ الكلام ) maupun tulisan (mengarang/ الإنشاء)
sesuai dengan konteksnya yang benar
BAB II
ISI
ISI
1.
Pengertian Kosakata (al-Mufradât)
Kosakata
(Inggris:
vocabulary) adalah himpunan
kata
atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau
merupakan bagian dari suatu bahasa
tertentu1.
Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang
dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun
kalimat baru.2
Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia
atau tingkat pendidikannya.
BAB
III
KESIMPULAN
Pada prinsipnya Kosakata adalah bagian yang
tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran bahasa terutama bahasa asing.
Komunikasi manusia baik berupa tulisan maupun lisan yang dibangun oleh
penggunaan kosakata yang tepat dan memadai serta kaya akan bentuk dan maknanya
akan memberikan prestise tertentu bagi penggunanya. Oleh karena itu,
pembelajaran kosakata sebagai bagian dari pembelajaran bahasa dapat dijadikan
salah satu faktor pendukung untuk memperoleh kemahiran berbahasa (al-mahârât
al-lughawiyyah).
BAB
IV
PENUTUP
Demikianlah sekilas tentang pembelajaran mufradat
dalam pembelajaran bahasa Arab. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan kita
semua dalam mendidik putra putri Indonesia dan menanamkan kecintaan terhadap
ilmu bahasa Arab serta berbahasa Arabaktif maupun pasif, amin.
Pada prinsipnya Kosakata adalah bagian yang
tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran bahasa terutama bahasa asing.
Komunikasi manusia baik berupa tulisan maupun lisan yang dibangun oleh
penggunaan kosakata yang tepat dan memadai serta kaya akan bentuk dan maknanya
akan memberikan prestise tertentu bagi penggunanya. Oleh karena itu,
pembelajaran kosakata sebagai bagian dari pembelajaran bahasa dapat dijadikan
salah satu faktor pendukung untuk memperoleh kemahiran berbahasa (al-mahârât
al-lughawiyyah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar